Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki ragam flora yang melimpah, flora di Indonesia memiliki berbagai manfaat selain itu juga mudah untuk dikembang biakkan. Antara lain manfaat flora di Indonesia adalah sebagai bahan pangan, untuk hiasan dan juga untuk obat alami. Pada abad 21 ini back to nature menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat, masyarakat cenderung menggunakan bahan alami karena tidak menimbulkan efek samping, mudah didapatkan serta harganya yang terjangkau.

Namun nyatanya, meskipun dianugerahi flora yang melimpah untuk obat, masyarakat Indonesia tidak sadar akan kesehatan dan hidup jauh dari kata sehat. Buktinya banyak dari masyarakat terserang penyakit, baik penyakit yang ringan maupun berat. Salah satunya adalah demam berdarah dengue (DBD), penyakit ini timbul karena gigitan nyamuk Aedes. Jenis nyamuk ini hidup di tempat yang kumuh maupun di air yang menggenang. Penyakit ini bisa dicegah apabila kita melakukan gerakan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur) dan juga kita dapat menggunakan obat anti nyamuk.

Pada umumnya tumbuhan yang digunakan untuk membuat obat anti nyamuk adalah kulit jeruk, daun sereh dan bunga geranium. Selain ketiga bahan itu kita bisa menggunakan daun sirih (Piper betle Linn) untuk membuat obat anti nyamuk. Daun sirih yang pada umumnya dikenal sebagai obat antiseptik ternyata dapat digunakan sebagai bahan pembuatan obat anti nyamuk, hal itu dikarenakan kandungan minyak atsirinya yang dapat menekan pertumbuhan nyamuk.

- Rumusan Masalah
Bagaimanakah daun sirih dapat digunakan sebagai obat anti nyamuk?

- Tujuan Penelitian
Membuktikan pengaruh dan keefektifan daun sirih sebagai obat anti nyamuk.

- Manfaat Penelitian
> Bagi Peneliti :
Untuk membuktikan bahwa daun sirih dapat digunakan untuk bahan dasar obat anti nyamuk yang aman.

> Bagi Masyarakat :
1. Untuk memberitahukan dan mengenalkan masyarakat bahwa ada tumbuhan yang lebih mudah didapat dan harganya yang lebih terjangkau yang dapat digunakan untuk membuat obat anti nyamuk yang aman.
2. Untuk memberikan inovasi terbaru bahan pembuat obat anti nyamuk.